KPK Tetapkan General Manager Unit Bisnis Pengolahan Dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia PT Antam Tbk Dodi Martimbang Sebagai Tersangka dalam Kasus Dugaan Korupsi Kerja Sama Pengolahan Anoda Logam.
Sumber :
  • tim tvOne/Muhamad Haris

Korupsi Pengolahan Anoda Logam, KPK Tahan GM PT Antam Tbk  

Selasa, 17 Januari 2023 - 18:06 WIB

Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia PT Antam Tbk Dody Martimbang sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam dengan PT Loco Montrado pada 2017.  

Setelah diumumkan sebagai tersangka, Dody martimbang dengan mengenakan rompi tahanan berwarna orange dan tangan terborgol langsung digelandang ke mobil untuk dilakukan penahanan selama 20 hari, sejak hari ini hingga Minggu (5/2/2023). 

"Dalam rangka kepentingan penyidikan, tim penyidik menahan tersangka DM [Dodi Martimbang] untuk 20 hari pertama terhitung mulai 17 Januari sampai dengan 5 Februari 2023 di Rutan Polres Metro Jakarta Timur," jelas Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/1/2023).  

Pada Tahun 2017, UBPP logam mulia PT Antam Tbk melaksanakan kerja sama berupa kontrak karya pemurnian anoda logam menjadi emas dengan beberapa perusahaan yang memiliki kualifikasi di bidang pemurnian anoda logam. Saat itu, Dody menjabat General Manager UBPP logam mulia PT Antam Tbk.  

Ketika kontrak karya hendak dilaksanakan, Dody diduga sebagai pihak mengambil kebijakan untuk tidak menggunakan jasa dari perusahaan yang sebelumnya telah dilakukan penandatangan kontrak karya tersebut dengan tidak didukung alasan yang mendesak.  

"Tersangka DM [Dody Martimbang] kemudian diduga memilih langsung PT Loco Montrado dengan direkturnya Siman Bahar untuk melakukan kerja sama pemurnian anoda logam tanpa terlebih dulu melapor pada pihak direksi PT Antam Tbk," ujar Alex.  

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
11:02
22:51
06:02
01:24
05:26
Viral