Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono.
Sumber :
  • IST

Pengamat: Di Kubu Pramono-Rano Karno Ada Ahok, Suara Ormas Islam ke RK-Suswono

Minggu, 13 Oktober 2024 - 19:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kalangan pengamat politik memperkirakan, keberadaan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di kubu Pramono-Rano pada Pilkada Jakarta, akan mendorong suara umat Islam yang tergabung dalam berbagai ormas, mayoritas menjatuhkan pilihannnya ke duet Ridwan Kamil-Suswono

"Ya bagaimanapun ormas Betawi, ormas keagamaan itu penting dalam konteks politik. Mereka juga menjadi kekuatan politik tersendiri, karena kan ormas punya basis massa. Jadi ya dukungan itu diperlukan oleh para kandidat," tutur pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, dikutip di Jakarta, Minggu (13/10/2024). 

Ujang menyebut wajar saja bila dukungan ormas Islam lebih condong ke kubu Ridwan Kamil (RK)-Suswono, dibandingkan kubu Pramono Anung-Rano Karno karena di belakangnya ada sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, salah satu tokoh PDIP yang merupakan mantan terpidana kasus penistaan agama pada 2017 silam.

"Kalau soal misalkan ormas Islam itu mendukung RK-Suswono ya mungkin saja ya, karena di Pram-Rano ada Ahok, mungkin ada resistensi bisa jadi. Namanya juga politik ya bebas-bebas saja untuk mendukung paslon manapun. Seandainya ormas Islam tidak mendukung Pramono-Rano karena faktor Ahok, ya bisa jadi dan bisa terjadi," jelas Ujang.

Senada dengan Ujang, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai pada Pilgub Jakarta 2024, dukungan ormas Islam dapat terbagi ke dua kelompok.  "Ormas Islam di Jakarta selama ini tidak identik dengan kelompok tertentu, meskipun dari sisi afiliasi ada tokoh yang memang mudah mendekati," ucap Dedi di Jakarta, dikutip Minggu (13/10/2024). 

"Dalam situasi saat ini, Pramono dan Ridwan Kamil berpeluang mendapatkan simpati ormas Islam di Jakarta, karena keduanya tidak terbukti pernah punya catatan buruk soal ini," sambungnya. 

Meski begitu, Dedi menilai dukungan ormas Islam akan cenderung mengarah pada paslon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono. "Hanya saja, Pramono mungkin akan cenderung minim peroleh dukungan, karena di sisi Ridwan ada Suswono yang dianggap dekat dengan kalangan pemilih Islam Jakarta," tegas Dedi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
07:09
03:29
03:25
01:03
03:12
Viral