Even Bali International AirShow (BIAS) yang berlangsung di Apron Selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.
Sumber :
  • Istimewa

Kabasarnas: Sukseskan BIAS 2024 Sampai Tuntas

Kamis, 19 September 2024 - 17:25 WIB

tvOnenews.com - Even Bali International AirShow (BIAS) yang berlangsung di Apron Selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (18/9/2024). 

Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga hadir pada kesempatan tersebut. Termasuk, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Kusworo. Orang nomer satu di Korps Baju Orange tersebut hadir bersama Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Laksda TNI Ribut Eko Suyitno, Direktur Kesiapsiagaan Noer Isrodin, dan Kepala Kantor SAR Denpasar I Nyoman Sidakarya.

Dalam sambutannya, Menkomarves mengungkapkan kegiatan BIAS 2024 merupakan representasi dari kekuatan Indonesia di kancah industry dirgantara global. 

“Pertunjukan ini menegaskan kemampuan Indonesia untuk bersaing dan berkomitmen menciptakan masa depan penerbangan yang lebih cerah dan berkelanjutan,” tegasnya.

BIAS 2024 juga dimeriahkan dengan aksi aerobatik pesawat, diskusi panel, kesepakatan bisnis, dan pameran industri aviasi baik static (outdoor) maupun indoor. 

Usai pembukaan, Kabasarnas bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono serta para tamu undangan lainnya berkeliling melihat sejumlah pesawat maupun drone yang dipamerkan. Salah satunya, helikopter Basarnas Dauphin HR 3604. Setelah melihat pameran outdoor, Kabasarnas mengunjungi stan indoor. Basarnas melalui Kantor SAR Denpasar juga berpartisipasi dalam pameran indoor tersebut. Salah satu peralatan yang dipamerkan adalah drone thermal yang selalu dipergunakan pada setiap pelaksanaan operasi SAR. 

Sebelumnya diberitakan, Basarnas mendukung event yang berlangsung mulai tanggal 18-21 September 2024 tersebut. Basarnas mengerahkan 100 personel lebih dan sarana prasara, termasuk 2 helikopter untuk event tersebut. Bahkan, dua hari berturut-turut sebelum event berlangsung (Senin-Selasa, 16-17/09/2024), tim SAR telah melaksanakan latihan heli rescue untuk menguji kesiapan tim SAR. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral