Ilustrasi..
Sumber :
  • tvOne

Tips Amankan Data Pribadi di Ruang Digital: Kalau Tak Mau Repot, Jangan Harap Aman

Selasa, 20 Agustus 2024 - 08:13 WIB

tvOnenews.com - Di masa kini, ketika semua urusan sudah serba digital, data pribadi ibarat minyak atau emas yang bernilai tinggi. Banyak yang ingin mencuri dan menyalahgunakan. Tak sedikit yang menjualnya di pasar gelap. Hati-hati dan cerdas membagi data pribadi menjadi kunci keamanan, agar tepat pemanfaatannya di ruang digital.

”Saat ingin mendapatkan layanan publik secara digital, kita mesti waspada dan cermat. Juga saat mengunduh aplikasi atau software, dan membuat akun media sosial, karena kita mesti dimintai data pribadi secara digital,” tutur Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Timur Aruji, saat menjadi narasumber dalam diskusi literasi digital di GOR Paduka Berhala, Tanjab Timur, Provinsi Jambi, Senin (19/8) petang.

Diskusi luring itu digelar ”chip in” dalam rangkaian kegiatan Semarak HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, yang dihelat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Dukcapil Provinsi Jambi. Diskusi mengusung tema ”Jaga Data Pribadi Agar Diri Aman di Ruang Digital”.

Usai diskusi, hajatan Semarak Kemerdekaan – yang dihadiri puluhan ribu warga masyarakat itu – kemudian dimeriahkan dengan penampilan grup band Type-X dari Jakarta. Panitia juga menyiapkan banyak doorprize menarik, termasuk hadiah ibadah umrah untuk peserta yang beruntung.

Melanjutkan paparannya, Aruji mengatakan, kewaspadaan diperlukan, antara lain dengan memastikan website layanan dan aplikasi yang meminta akses kita adalah resmi. Selain itu, jangan asal klik sembarang link tanpa verifikasi kebenarannya. Sebab, kalau ceroboh, mereka mudah menyalahgunakan data pribadi kita. 

”Kalau itu terjadi, kita tidak hanya rugi sosial dengan rusaknya jejak digital. Tapi pencuri data digital itu bisa mengakses akun atau rekening bank digital kita, dan menguras isinya,” tambah Aruji.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral