Tim KeHati BKSDA Kalteng melakukan survei keanekaragaman hayati di Pulau Hanibung..
Sumber :
  • Istimewa

Bupati Halikinnor Inginkan Kawasan Pulau Hanibung Menjadi Taman Satwa Dan Keanekaragaman Hayati

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:42 WIB

tvOnenews.com - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor, akan menjadikan kawasan Pulau Hanibung menjadi lokasi taman satwa dan keanekaragaman hayati. Kawasan ini dinilainya sangat cocok, karena disana masih banyak ditemukan banyak spesies hewan dan tumbuhan yang sudah jarang ditemukan di hutan-hutan yang ada di Kotim, semenjak masuknya investasi kehutanan disana.

"Kotim hingga saat ini belum memiliki lawasan khusus untuk melestarikan sekaligus tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi hewan-hewan khas kalimantan yang saat ini banyak yang hampir punah. Begitu juga tumbuhan hutannya," ungkap Bupati Halikinnor, Kamis (13/6/2024).

Jika nanti kawasan taman satwa dan keanekaraganam hayati ini selesai dibangun, pasti akan banyak manfaatnya bagi masyarakat Kotim. Meraka bisa melihat langsung hewan dan tanaman langka yang selama ini mungkin hanya mereka ketahui dari buku atau mendengar cerita dari orang-orang tua dulu.

"Generasi penerus kita akan tahu wujud asli dari hewan dan tanaman yang mungkin mereka tahunya lewat buku atau mendengar cerita. Ini adalah investasi ilmu pengetahuan yang pasti sangat berguna," ujarnya optimis.

Selain itu, sambungnya, kawasan taman satwa ini juga bisa menjadi salahsatu sumber PAD Kotim, sebab kawasan Pulau Hanibung akan dijadikan kawasan wisata alam yang menarik bagi wisatawan untuk datang kesana.

Dengan menjadikan Pulau Hanibung sebagai objek wisata taman satwa juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Misalnya dengan membuka usaha transportasi menggunakan perahu menuju Pulau Hanibung, mendirikan penginapan, warung makan dan lain sebagainya.

Sementara itu terpisah, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kotim, Ramadansyah, menyebutkan, Pulau Hanibung memiliki kekayaan hayati yang beragam sehingga cocok untuk dijadikan objek wisata taman satwa.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral