Pertunjukan Teater Mandiri dengan Lakon "Aduh" di Teater Salihara, Jakarta..
Sumber :
  • Bajo Winarno

"Aduh" dan Eksperimentasinya, Lima Puluh Tahun Kemudian

Minggu, 12 Mei 2024 - 08:12 WIB

Jakarta, tvOnenews.com-Teater Mandiri mementaskan kembali “Aduh” karya Putu Wijaya, sebuah karya yang jadi “tonggak” pemberontakan seni pada 1970-an, apa yang masih kita bisa baca saat ini saat skena teater sudah menjelajah ke banyak horison baru yang sangat luas?

Panggung lengang. Hanya ada layar hitam, tak ada satu pun peralatan pentas lain di ruang pentas. Saat lampu meredup, perlahan lahan menyala secercah sinar seperti melayang layang mencitrakan kunang kunang.

Lalu suara gemuruh sirene melengking lengking, tak lama sosok sosok manusia berjumpalitan ke luar, menarik narik layar, berteriak, saling memberi semangat untuk bekerja lebih giat saat seorang aktor tampak kelelahan. Adegan seperti dalam kesibukan kerja. Lalu sirene berhenti. Seseorang masuk dan berkata: “Ayo semangat, kerja jangan hanya pada saat ada sirene saja.”

Suasana seperti tegang sejak awal. Lalu tempo pertunjukan tak juga menurun sepanjang dua jam pertunjukan, dibangun dengan ping pong dialog antar pemain merespon seorang aktor  bercawat dan berselimut kain putih yang mengerang “aduh” dan menciptakan seluruh peristiwa.

Salah satu kekuatan Teater Mandiri adalah selalu punya daya menggaet segala elemen ke dalam panggung. Putu Wijaya menyebutnya dengan kredo “bertolak dari yang ada”. Layar hitam yang selalu tampak berkibar kibar, mengkerut, berpilin atau centang perenang karena ditarik tarik pemainnya misalnya menciptakan imajinasi yang beragam. Atau, seorang pemain tiba tiba berteriak histeris ketika buah timun –yang dibuat seadanya dari gulungan kertas koran---yang akan dia makan “kerasukan” arwah mayat yang terbujur di depannya. Penonton tergelak dengan situasi tersebut.

Putu Wijaya dengan lakon Aduh digolongkan dalam penulis lakon baru di Indonesia bersama naskah Tengul atau Kapai Kapai karya Arifin C Noer. (Sumber Foto: Bajo Winarno)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral