Presiden Jokowi Resmikan Presiden Jokowi Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur.
Sumber :
  • Erdika Mukdir

Di Atas Perahu Naga, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi Kolaka Timur

Selasa, 28 Desember 2021 - 14:18 WIB

Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan serta meresmikan Bendungan Ladongi, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (28/12/2021).

Sebelum meresmikan bendungan itu, Presiden Jokowi menjajal perahu naga di tengah waduk tersebut di Kelurahan Atula. Setelah mencoba perahu naga itu, Jokowi lantas meresmikan Bendungan Ladongi tersebut dari atas perahu tersebut yang diikuti oleh sentakan gendang dan tepuk tangan meriah.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Ladongi ini memiliki kapasitas daya tampung 45,9 juta metrik kubik air.

"Dengan luasan 222 juta hektar yang nanti bisa mengairi di 4 kabupaten di sekitar waduk," kata Jokowi

Jokowi bilang, fungsi  Waduk Ladongi ini tidak hanya memberikan air di sawah-sawah di 4 kabupaten, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai kawasan wisata air.

"Kalau kita lihat alamnya yang indah, waduk ini juga bisa kembangkan jadi tempat wisata, utamanya wisata air," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga bercerita terkait pengalamannya menjajal olah raga air, perahu naga. Jokowi mengatakan, dirinya mencoba memakai perahu, mendayung, atas dasar itulah Presiden RI ke-7 ini ingin Bendungan Ladongi jadi kawasan wisata air.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral