Brimob Polda Jatim mengevakuasi ratusan mortir bulat yang ditemukan di kebun karet di Desa Kandangan.
Sumber :
  • Happy Oktavia

Ratusan Benda Mirip Granat yang Ditemukan di Banyuwangi adalah Mortir Bulat, Polda Jatim: Langsung Kami Ledakan Bertahap

Selasa, 21 Desember 2021 - 00:50 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Ratusan benda mirip granat yang ditemukan warga di kebun karet Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, ternyata mortir bulat. Benda ini digunakan sebagai amunisi meriam. Tim Penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Brimob Polda Jatim memilih meledakkan benda berbahaya tersebut, Senin (20/12/2021) sore.
 
Proses peledakan dilakukan bertahap, di lokasi penemuan. Karena jauh dari perkampungan, peledakan tak membahayakan warga sekitar. “ Sekitar pukul 17.15 WIB, tim Jihandak Brimob Polda meledakkannya,” kata Kapolsek Pesanggaran AKP Subandi via telepon.
 
Sebelum diledakkan, mortir bulat itu diperiksa satu persatu. Tak butuh waktu lama bagi petugas melakukan pemeriksaan. Setelah dipastikan aktif, langsung diledakkan bergiliran. Peledakan ini untuk pertimbangan keamanan.  Saking banyaknya, ledakan mortir bulat ini memicu suara yang cukup kuat. Karena jauh dari perkampungan, efek ledakan tak dirasakan masyarakat.
 
Sebelumnya, warga menemukan sebanyak 206 granat terkubur di kebun karet, Minggu (19/12/2021) . Diduga, peninggalan zaman Jepang. Kondisinya berkarat. Benda ini ditemukan tiga warga yang berburu barang antik. Dahulu, di lokasi penemuan mortir bulat ini dipercaya bekas pusat pendudukan Belanda dan Jepang. (happy/ade))
 
 
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral