Tembok Puskesmas yang Jebol Berisi Bambu.
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Parah! Coran Bangunan Malah Berisi Bambu, Tembok Puskesmas Jebol Akibat Tembok Penahan Tanah Longsor

Sabtu, 18 Desember 2021 - 01:45 WIB

Garut, Jawa Barat-  Hujan deras yang mengguyur kawasan Garut pada Jumat (17/12/2021) menyebabkan ambruknya tembok penahan tanah (TPT) pasar Mekarmukti yang berada di Kecamatan Mekarmukti. TPT yang ambruk itu mengenai bangunan Puskesmas Mekarmukti dan menjebol tembok bangunan, beruntung tak ada pasien yang mengalami luka. Parahnya lagi Jebolnya bangunan Puskesmas membuat geleng - geleng kepala, karena material yang seharusnya menggunakan besi, malah disulap menggunakan bambu.
 
Sulap aba kadabra, mungkin kalimat yang pantas untuk bangunan Puskesmas yang jebol tertimpa reruntuhan TPT di Kecamatan Mekarmukti Garut, bangunan beton yang seharusnya diisi coran besi, berubah menjadi coran semen berisi bambu. Hal itu dibenarkan Sekertaris Camat Mekarmukti Mamun Gunawan.
 
“Sebelumnya memang hujan cukup deras. Mungkin TPT pasar yang posisinya ada di atas Puskesmas tidak kuat akhirnya ambrol dan materialnya menjebol tembok Puskesmas. Di dalam tembok yang jebol banyak bambu. Harusnya diisi besi ukuran berapa mungkin, ini masalah bambu atau ajir. Palang dada juga yang seharusnya dari besi malah dari bambu yang untuk tongkat pramuka, ” kata Mamun saat dihubungi, Jumat (17/12/2021).
 
Untuk ruangan Puskesmas yang jebol, dijelaskan Ma’mun, adalah unit gawat darurat (UGD) 24 jam Puskesmas Mekarmukti. Setidaknya ada dua ruangan yang terdampak, yaitu untuk observasi dan penanganan pasien UGD. Mamun mengungkapkan bahwa jebolnya tembok puskesmas bukan hanya terjadi akibat tekanan material TPT saja. Lebih dari itu, kondisi bangunan yang seharusnya diperkuat besi namun ternyata malah berisi bambu.
Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral