Ilustrasi Nyamuk.
Sumber :
  • freepik

Peneliti UGM Ungkap Efek Positif Nyamuk Wolbachia Sudah Ditinjau VCAG

Senin, 20 November 2023 - 19:59 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Peneliti Pusat Kedokteran Tropis UGM, dr Riris Andono Ahmad menuturkan bahwa The Vector Control Advisory Group (VCAG) telah meninjau bukti-bukti efek positif dari nyamuk dengan bakteri Wolbachia.

VCAG sendiri adalah tim yang didirikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni sekumpulan ilmuwan top global yang memiliki keahlian di bidang vektor.

"Setelah melihat bukti-bukti yang ada, mereka sampai pada kesimpulan bahwa sudah ada bukti bahwa Wolbachia wMel (dari inang lalat buah) menunjukkan ada dampak kesehatan masyarakat terhadap dengue," ujarnya, saat media briefing daring bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pada Senin (20/11/2023).

VCAG pun merekomendasikan agar WHO melakukan pengembangan pedoman untuk rekomendasi intervensi.

"Panel ini (VCAG) juga mengakui bahwa baru kali ini mereka menemukan ada hal yang menjanjikan dan nilai positif karena adanya dampak kesehatan masyarakat dari intervensi pengendalian vektor yang baru," tandas dia.

Sebelumnya, Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Ngabila Salama menuturkan manusia tidak dijadikan sebagai kelinci percobaan terkait rekayasa genetik nyamuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral