Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. melakukan monitoring dan sosialisasi Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila dan Salam Pancasila di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Entikong, Kalbar..
Sumber :
  • Humas BPIP

Di Batas Negara Indonesia-Malaysia, Kepala BPIP Monitoring BTU Pendidikan Pancasila

Minggu, 24 September 2023 - 17:02 WIB

tvOnenews.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. didampingi Deputi Hubungan Antarlembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso, M.M. melakukan monitoring dan sosialisasi Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila dan Salam Pancasila kepada satuan pendidikan di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Entikong, Kalimantan Barat, Jum'at, (23/9).

Menurutnya, atas dasar Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan PP Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, buku tersebut harus segera didistribusikan secara merata pada satuan pendidikan di Indonesia tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi.

"Kami hadir di sini, di Entikong untuk melihat langsung di lapangan, memastikan buku ajar Pendidikan Pancasila sudah sampai di wilayah terdepan Indonesia atau belum," ujarnya.

Menurutnya, dari monitoring tersebut kemudian akan menjadi catatan dan evaluasi BPIP bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Temuan-temuan di lapangan, kami catat sebagai bahan evaluasi dan segera akan kami tindaklanjuti karena Mata Ajar Pendidikan Pancasila sudah harus diberikan mulai semester sekarang," tegasnya.

Ia juga menjelaskan, Buku tersebut sudah disosialisasikan secara serentak, dihadiri langsung Ketua Dewan Pengarah BPIP, Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri, Menko PMK, Muhadjir Effendy, Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dan Kementerian/Lembaga lainnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral