Anggota Komisi I DPR Sturman Panjaitan.
Sumber :
  • ANTARA

Legislator PDIP Sentil Kominfo dan BSSN: Apa Hebatnya Pusat Data Nasional Kalau Masih Bocor? Gak Ada Gunanya!

Senin, 12 Juni 2023 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Komisi I DPR Sturman Panjaitan menyinggung soal pembangunan pusat data nasional di hadapan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR dengan Sestama BSSN dan Dirjen Aptika Kominfo hari ini. Sturman menilai pembangunan pusat data nasional akan percuma jika kebocoran data masih terjadi.

“Pusat data nasional menurut saya apapun pusatnya itu kalau bocor-bocor juga apalah hebatnya itu. Apalah hebatnya pusat data nasional kalau bocor juga barang itu. Enggak ada gunanya juga kita bikin pusat-pusatan,” kata dia di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023).

Politikus PDIP ini mengatakan pembangunan pusat data nasional harus dilakukan dengan kejujuran. Pasalnya, kata Sturman, beberapa data nasional dibuat atas pesanan pihak tertentu.

“Karena data yang kita masukan secara nasional itu sering sekali sudah di-create dari orang-orang tertentu sehingga datanya berubah,” jelasnya.

Dia pun mengambil contoh dari data kemiskinan di Indonesia bahwa setiap kementerian/lembaga memiliki perbedaan data terkait jumlah orang yang sangat miskin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
11:02
22:51
06:02
01:24
05:26
Viral