HCPSN BKSDA Lepas Dua Trenggiling ke Hutan Taman Wisata Alam Sibolangit.
Sumber :
  • Tim Tvone/Ahmidal

HCPSN BKSDA Lepas Dua Trenggiling ke Hutan Taman Wisata Alam Sibolangit

Kamis, 4 November 2021 - 11:01 WIB

Medan - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut melepasliarkan dua ekor Trenggiling ke kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera utara.
 
Pelepasliaran trenggiling ini dalam rangka ‘Road to HCPSN’ (Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional) Tahun 2021, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 5 November.
 
Kedua satwa liar dilindungi ini sebelumnya diserahkan oleh warga ke lembaga konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara Medan Zoo, pada Sabtu 30 Oktober 2021.
 
Kemudian, pada Minggu, 31 Oktober 2021 sekitar pukul 11.40 Wib. Kedua ekor trenggiling berjenis kelamin betina, Induk dan anak ini dilepasliarkan kembali ke habitatnya oleh petugas BBKSDA Sumut.
 
Kepala Sub Bag Humas BBKSDA Sumut, Andoko Hidayat mengungkapkan pelepasliaran merupakan momen istimewa bagi induk dan anak Trenggiling (Manis Javanica) karena mereka telah bebas ke habitatnya di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA)," ujarnya.
 
Ia juga menjelaskan awalnya warga menyerahkan dua ekor Trenggiling ke pihak pengelola Medan Zoo, kemudian mereka memberitahukan ke BBKSDA Sumut dan langsung dilakukan evakuasi terhadap dua ekor trenggiling," Ucap Andoko, Rabu (03/11/2021).
 
Pelepasliaran trenggiling ini diharapkan masyarakat untuk ikut peduli melindungi dan menjaga kelestarian satwa liar. Adapun partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan bermacam cara salah satunya menginformasikan atau menyerahkan satwa liar kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk dilepasliarkan ke habitatnya.
 
Melalui peran serta warga, diharapkan keberlangsungan hidup dan populasi satwa liar dapat terus terjaga. (Ahmidal Yauzar/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral