Maria dan Kue yang Dia Buat demi Sekolahkan Anak Miskin.
Sumber :
  • Jo Kenaru

Kisah Maria, Penjual Kue di Manggarai NTT yang Tak Punya Rumah Tapi Bisa Sekolahkan Anak-Anak Miskin

Kamis, 4 November 2021 - 08:07 WIB

Manggarai, NTT - Tok, tok! Maria segera bangkit dari bangku kecilnya membuka pintu dan menyapa dengan ramah para jurnalis yang datang. Wartawan yang menyambangi dia berjumlah empat orang, tapi karena di dalam sempit dua orang terpaksa menunggu di luar. 

Jalan Ulumbu, Kelurahan Watu, Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat itu tampak sepi. Aroma kue yang baru saja diangkat Maria dari dalam penggorengan menguar di dalam ruang sempit itu.

Bangunan berukuran 1,5 meter x 4 meter dibangun menempel dengan tembok rumah pemilik tanah. Tempat itu berjarak 100 meter dari RSUD dr Ben Mboi Ruteng.  

“Aduh maaf pak, tempatnya sempit begini. mari masuk,” begitu sapaan Maria ketika menerima kami sambil mempersilakan kami duduk di dingklik (bangku jongkok kecil). 

Sambil mengeluarkan beberapa donat yang terlihat garing lalu mematikan api kompor, dia bertanya mau minum kopi apa teh. Kami serempak menjawab, “kopi pahit.” 

Dekat penggorengan terdapat beberapa ember sisa adonan kue. Barang-barang kotor itu segera diangkat ke belakang. Di tempat kami duduk terdapat pembatas dengan tempat tidur yang ditutup kain.
 
Saat menyuguhkan kopi, raut muka Maria menunjukkan rasa tidak enak sampai meminta maaf berkali-kali. Sementara wartawan yang datang sudah tidak sabar mengulik kisah hidupnya. 

Di sela-sela wawancara, wanita bernama lengkap Maria Goreti Landung mendedahkan panjang lebar jejak hidupnya. Sejak kecil Maria sudah akrab dengan getir. Ia kemudian menyodorkan KTP-nya. Wanita yang lahir di Elar, pada 16 Maret 1968 tercatat sebagai warga Aralalok, Kelurahan Pau, Kecamatan Langka Rembong.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral