Indonesia Terlibat dalam Perundingan ICA 2022, Berbuah Manis Terhadap Industri Kopi Dunia.
Sumber :
  • Istimewa

Indonesia Terlibat dalam Perundingan ICA 2022, Berbuah Manis Terhadap Industri Kopi Dunia

Kamis, 9 Maret 2023 - 02:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tak disangka, keterilabatan negeri Indonesia dalam perundingan International Coffee Agreement (ICA) 2022 berbuah manis. Pasalnya, hal itu sangat berkontribusi pada industri kopi dunia secara menyeluruh.

Hal ini langsung dikatakan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono, seperti dilansir dari website kemendag, Kamis (9/3/2022). 

"Indonesia berhasil memperjuangkan kepentingan sektor kopi nasional dengan menambahkan premixed coffee pada definisi kopi di ICA 2022. Ini secara tidak langsung menjadi pencapaian Indonesia dalam industri kopi dunia dan kehidupan para petani lokal," sebut Djatmiko Bris Witjaksono.

Sambungnya menjelaskan, bahwa pencapaian penting lainnya adalah penekanan pada keberlanjutan sektor kopi pada tiga pilar, yaitu ekonomi, sosial, serta lingkungan secara berimbang dan terintegrasi untuk keberlanjutan sektor kopi Indonesia dan juga dunia.

"Berbagai capaian tersebut akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dalam menciptakan sektor kopi nasional yang berkelanjutan dan mendorong stabilitas harga untuk menciptakan iklim usaha terbentuknya tatanan iklim perdagangan yang kondusif, bermanfaat bagi pengembangan ekspor kopi nasional dan membantu UKM kopi Indonesia mengakses pasar internasional," ujar Djatmiko.

Djatmiko menambahkan, setelah ditandatangani, proses selanjutnya adalah meratifikasi atau mengesahkan ICA 2022 di dalam negeri. Perjanjian tersebut akan mulai berlaku ketika dua pertiga dari negara anggota eksportir dan importir telah mendepositkan instrumen ratifikasinya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral